Posted by : Syifa Herbalindo Rabu, 13 Juni 2012


lebah madu propolis trigona penghasil propolis terbaik
Mengenal Madu Lebah Apis Trigona sp (Lebah Klanceng)

Lebah klanceng (Apis Trigona) merupakan jenis lebah madu yang paling banyak dipelihara secara tradisional oleh masyarakat pedesaan sekitar kawasan hutan se-Indonesia. Lebah ini tidak memiliki sengat dan tidak ganas. Ukurannya sangat kecil dengan fungsi sebagai penyerbuk bunga-bunga kecil. Dalam bahasa Jawa, Apis Trigona disebut malam klanceng atau lonceng, teuweul (Sunda), gala-gala (lilin lebah).
Umumnya lebah madu Apis indica dan klanceng trigona sp dipelihara secara tradisional dengan gelodok yang pembuatannya meniru rumah-rumah lebah yang ada di ronga-ronga batang pohon besar atau gua yang terlindung dari terik matahari dan hujan. Rumah tiruan dibuat dari batang kelapa (pucuk), kayu randu (kapuk), kayu pucung atau batang pohon lain yang berkayu lunak.

Secara alami, serangga trigona sp membuat sarang di lubang-lubang pohon, celah-celah dinding dan lubang bambu di dalam rumah yang agak gelap. Untuk keamanan, tempat keluar masuk berbentuk lubang kecil sepanjang 1 cm yang diselimuti zat perekat. Sarang tersusun atas beberapa bagian buat menyimpan madu, tepung sari, tempat bertelur dan tempat larva. Di bagian tengah ada karangan bola berisi telur, tempayak dan kepompong. Di bagian sudut ada bola-bola kehitaman sebagai penyimpan madu dan tepung sari.

Lebah ini menghasilkan madu dan
lilin yang diproduksi sangat kecil, rasanya asam dan sering dipakai untuk obat sariawan. Sedangkan lilinnya dipakai untuk membatik. Lebah pekerjanya berwarna hitam, berkepala besar dan berahang tajam untuk menggigit musuh bila diganggu. Perut lebah ratu sangat besar dengan sayap pendek. Ukurannya sebesar 3-4 kali lebah pekerja. Karena sangat gemuk dan tidak pandai terbang, lebah ini tidak suka berpindah-pindah tempat kecuali bila sarangnya terlampau tua dan buruk atau lilinnya keras.

Kenapa madu Klanceng MAHAL dan terus diburu…???

Dibanding harga madu madu lebah lain, madu lebah klanceng/lanceng (Apis trigona) harganya jauh lebih mahal. Namun demikian, madu hasil produksi lebah yang tidak bersengat itu tetap diburu para penggemarnya.
Setiap koloni klanceng menghasilkan 1-2 kilogram madu per tahun, atau 2-3 botol ukuran 630 mililiter (ml). Tiap botolnya dijual petani seharga Rp 200.000 dan di toko-toko umum atau koperasi harganya meningkat menjadi paling murah Rp 65.000 per botol ukuran 140 ml.

Lebah klanceng dikenal luas tidak bisa diternakkan, dan jumlahnya pun sangat kecil. Oleh karena itu, lebah dengan ukuran fisik terkecil ini bisa dikatakan termasuk dalam kategori setengah langka, meskipun di daerah Tutur jumlahnya cukup banyak. Itu pun atas inisiatif dan jerih payah penduduk sendiri tanpa arahan atau binaan dari pemerintah.
Konsumen pada umumnya meyakini bahwa kualitasnya, terutama fruktosa dan glukosanya lebih baik dibanding madu lebah lain.

Faktor kedua, jumlah produksinya masih sangat sedikit, baik secara keseluruhan maupun per koloni. Sebagai bandingan, Apis mellifera mampu menghasilkan sekitar 10 kilogram madu per koloni tiap tahun, sementara Apis trigona hanya 1-2 kilogram per koloni tiap tahun.
Bagi mereka yang belum lihai membedakan gula dengan madu, memang sulit membedakan madu klanceng dengan madu lebah lain. Baik tentang warna, kekentalan, maupun rasanya.

Madu klanceng merupakan madu yang paling istimewa diantara banyak madu-madu lainnya. Madu klanceng ini masih sulit di dapat karena belum ada yang membudidayakan, dan carinya hanya di tengah hutan belantara. Maka harganya beberapa lipat dari harga madu lain.
Madu klanceng ini tersusun dari beberapa molekul gula, mineral, vitamin, protein dan asam amino. Dapat –dengan ijin Allah Ta’ala -  menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes, antikanker, mencerdaskan daya pikir dan lain sebagainya. Dengan rutin minum madu klanceng, badan sehat dan awet muda.

Kandungan Vitamin :
Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam pantotenat, Biotin, Asamfolat dan Vitamin K

Mineral:
Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (Al), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Potassium, Sodium Klorin, Sulfur.

Enzim-enzim utama :
Diatase, invertase, glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase

Dan juga mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc dengan kesimpulan hampir semua mengandung yang di butuhkan oleh tubuh kita. Menyatu dengan aliran darah hanya butuh waktu 7 menit.
Berikut sifat-sifat madu : Mudah di cerna, rendah kalori, berdifusi dengan darah lebih cepat, membantu pembentukan darah dan membunuh bakteri sehingga cocok dalam berbagai penyembuhan segala penyakit.


Deskripsi Lebah klanceng (trigona sp)


Nama Latin
Trigona spp
Nama Indonesia(daerah)
Klanceng, lanceng, teuweul, gala-gala, galo-galo, kelulut, kalulut, ketape, kammu, dll.
Jenis
Di seluruh dunia ada sekitar 150 jenis trigona, di indonesia sekitar 31 jenis yang tersebar di berbagai pulau.
Ciri-ciri
Warna hitam, panjang tubuh 3 – 4mm, rentang sayap 8mm.Lebah pekerja berwarna hitam, kepala besar, dan rahang tajam.Lebah ratunya berwarna kecoklatan, berperut besar, berukuran 3 – 4 kali lebah pekerja, mirip laron namun sayap pendek.
Salah satu serangga sosial yang hidup membentuk koloni di bawah pengaturan ratu lebah trigona.
Radius terbang
100 – 500m.
Tempat Tinggal
Daerah tropis dan subtropis yang bersuhu rata-rata di bawah 32 derajat celcius, mereka menetap di dalam batang pohon, ruas bambu, lubang di tanah, bebatuan, dll.Suhu ideal yang disukai trigona berkisar 18 – 24 derajat celcius dan kelembaban 60 – 70%.
Keistimewaan
§  Lebah tanpa sengat spesialis penghasil propolis sebagai pertahanan diri (sarangnya).
§  Menghasilkan sedikit madu namun berkhasiat tinggi.
§  Aman untuk diternak karena hanya menggigit tidak menyengat.
§  Pemeliharaan dan pengembangannya tidak sulit karena nektar yang dibutuhkan tidak sebanyak lebah apisyang bertubuh besar.
Sumber Pakan dan Makanan
Segala jenis tumbuhan berbunga(multiflora), getah pohon, resin, dan bee pollen.
Produktivitas Madu
Rata-rata 100 – 250 ml/ 3 bulan (tergantung vegetasi).
Produktivitas Propolis
Rata-rata 2 kg/ tahun untuk setiap koloni (tergantung vegetasi).
Rasa Madu
Manis, asam, pahit.
Kandungan Madu Trigona
1.    Mengandung propolis dan bee pollen secara alami sebab sarang madu dan kantong bee pollen menyatu di satu tempat.
2.    Kandungan Vitamin : Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam Pantotenat, Biotin, Asamfolat dan vitamin K
3.    Mineral : Natirum (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (A1), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Pottassium, Sodium Klorin, Sulfur.
4.    Enzim-enzim Utama : Diatase, invertasem glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase juga mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc. Dengan kandungan vitamin, mineral dan enzim-enzim tersebut, tidak heran madu trigona sebab untuk mengatasi beragam penyakit dan meningkatkan daya kekebalan tubuh.
Khasiat Madu Trigona
1.    Meningkatkan daya tahan tubuh
2.    Mencegah Stroke
3.    Memperlancar peredaran darah
4.    Meningkatkan hormone
5.    Memperkuat fungsi otak dan jantung
6.    Memperbaiki sel tubuh yang rusak
7.    Recovery tubuh
8.    Mengendurkan bagian syaraf yang tegang
9.    Menghilangkan rasa letih
10. Meningkatkan kecerdasan anak
11. Dapat dikonsumsi penderita diabetes
12. Membantu masa penyembuhan pasca operasi
13. Mencegah Kanker dan stroke
14. Sangat dianjurkan untuk dewasa dan Manula
Kandungan Propolis Trigona
1.    Resin yang mengandung senyawa flavonoid, asam, dan ester fenol (45 – 55%).
2.    Lilin lebah dan plant origin (25 – 35 %).
3.    Minyak volatil (10%).
4.    Polen yang terdiri dari protein (16 asam amino bebas > 1%), arginine danproline berjumlah 46% dari total(5%).
5.    14 mineral mikro (Fe dan Zn yang terbanyak), keton, lacton, quinon,steroid, asam benzoat, vitamin, karbohidrat (5%).
Khasiat Propolis
1.    Antibiotik alami.
2.    Antibakteri.
3.    Antifungal.
4.    Antivirus.
5.    Antioksidan.
6.    Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
7.    Antiseptik.
8.    Immunostimulan.
9.    Antitoksin.
10. Berperan sebagai anestetik.
11. Memperkuat dan mempercepat regenerasi sel.
12. Dll.
Dengan khasiat-khasiat ini, propolis dimanfaatkan diantaranya dalam bidang kesehatan, kecantikan, terapi penyakit, pengawet, dan lain-lain.
Masa Panen
Madu dan Propolis dipanen per tiga bulan.

{ 10 komentar... read them below or Comment }

  1. Kami sedang mulai memproduksi madu Trigona, jika ada informasi tentang bagaimana cara untuk memanen propolis dan pollen, mohon kita kerjasama. email: julmansyahjmhs@gmail.com

    BalasHapus
  2. Foto yang dipakai diatas adalah koleksi foto saya, meskipun di crop tapi saya tahu betul itu kolesi foto saya dari akut facebook saya.
    https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/268961_2248935868889_4855816_n.jpg

    BalasHapus
  3. Di jual bibit lebah trigona dalam log Asli bukan hasil pecahan masih alami dari hutan.

    Minat Hubungi segera:

    Bpk. Rahmat

    HP. 0822 7761 0752
    WA. 0813 7736 7837
    PIN. 51AF6A78
    Email: rahmat_trigona@yahoo.co.id

    Melayani pengiriman Area PULAU SUMATRA DAN PULAU JAWA

    Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Alkhamdhulillillah trigona hidup mulai dri hutan mangrove hingga pegunungan..bismillah...kami memulai

    BalasHapus
  5. mohon share gan artikel ini

    BalasHapus
  6. saya izin repost ya pak beberapa artikelnya insyaallah saya tuliskan sumbernya :)

    BalasHapus
  7. Sy slh satu penjual madu Trigona (skala kecil),sedang cari supplier yg bs kontinyu .bs hub wa sy 081311449795

    BalasHapus
  8. Ada jenis lebah kecil yg bisa menyengat apakah masuk jenis trigona atau bukan??

    BalasHapus
  9. Ada yang punya bibit trigona thoracica

    BalasHapus
  10. Terimakasih artikel sangat bermanfaat buat kami pemula budidaya Lebah Madu Klanceng

    BalasHapus

- Copyright © Herba medika - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -